1. Pengertian
Metodelogi Pendidikan Agama Islam
Secara singkat Metodelogi
pendidikan agama adalah : ” segala usaha yang sistematis dan pragmatis
untuk mencapai tujuan pendidikan agama, dengan melalui berbagai aktifitas, baik
didalam maupun diluar kelas dalam lingkungan sekolah.
Metode Mengajar itu adalah
suatu teknik bahan penyampaian bahan pelajaran kepada murid. Ia dimaksudkan
agar murid dapat menangkap menangkap pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat
dicerna dengan baik. Atau dengan kata lain metode pngajaran adalah penyusunan
pengajaran yang sesuai dengan daya serap murid.
Sesuai dengan uraian diatas, bahwa metode mengajar adalah
:
Ø Merupakan
salah satu komponen daripada proses pendidikan.
Ø Merupakan
alat mencapai tujuan yang didukung oleh alat-alat bantu mengajar.
Ø Merupakan
suatu kebulatan dalam suatu sistem pendidikan.
2. Gambaran
Al-Qur’an Tentang Metodologi Pengajaran Agama Islam
Marilah kita lihat beberapa
ayat aal-qur’an yang dapat dijadikan petunjuk dalam membicarakan metode
mengajar ini ;
“Semua makna al-Qur’an itu ditanamkan kedalam hati nabi
Muhammad saw, dan dengan ucapan nabi muhammad-lah al-Qur’an itu
dilafalkan.Apabila makna al-Qur’am itu dibacakan (oleh nabi Muhammmad) maka
ikutilah bacaan itu (diujukan kepada sahabat nabi yang hadir sewaktu wahyu
turun kepada nabi).
Ayat
al-Qur’an ini memberikan gambaran kepada kita tentang metode mengajar dalam
suatu proses belajar. Semua bahan pelajran yang hendak diajarkan haruslah
dikuasai oleh guru sebaik-baiknya. Metode resitas atau metode pengulangan dapat
digunakan.
Ayat
Al-qur’an lain menggambarkan.
”Hai Muhammmad ! Bacalah ! dengan menyebut nama Allah
Yang menciptakan alam semesta. Ialah yang menciptakan manusia dari segumpal
darah, Bacalah muhammad, bahwa tuhanmu itu amat mulia, yang mengajar dengan
perantara kalam. (Q.S. Al-Alaq).
Secara Lahiriyah ayat tersebut memberi suatau petunjuk
tentang metode mengajar, bahwa pelajaran yang utama adalah membaca. Di dalam
membaca terkandung makna hendak memberikan pengetahuan. Pengetahuan yang mula-mula
diketahui oleh manusia ialah nama. Nama adalah simbol pengetahuan permulaan dan
dari nama orang dapat membuat pengertian atau konsep ilmu pengetahuan.
3. Faktor
Penyebab banyaknya metode pengajaran
Apabila
dijabarkan secara terperinci, faktor-faktor penyebab bermacam-macamnya metode
mengajar antara lain :
1.
Tujuan yang berbeda dari masing-masing mata
pelajaran yang berbeda sesuai dengan jenis, sifat, maupun isi mata pelajaran
masing-masing.
2.
Perbedaan latar belakang individuil anak,
baik latar belakang kehidupan, tingkat usianya maupun tingkat kemampuan
berfikirnya.
3.
Perbedaan situasi dan kondisi dimana
pendidikan berlangsung; dengan pengertian bahwa disamping perbedaan jenis
lembaga pendidikan (sekolah) masing-masing, juga letak geografis dan perbedaan
sosial dan kultural ikut menentukan metode yang digunakan oleh guru.
4.
Perbedaan pribadi dan kemampuan dari pada
pendidik masing-masing.
5.
Karena adanya fasilitas / Sarana yang berbeda
baik dari segi kualitas maupun dalam segi kuantitas.
4. Beberapa
Metode pendidikan agama
Pada prinsipnya, metode pengajaran agama sama dengan
metode pengajaran ilmu umum, disamping diakui adanya beberapa ciri khusus
tersendiri.
Banyak
Buku –buku yang telah membahas berbagai macam metode pengajaran antara lain :
v Menurut
Dr. Winarto Surachmad Dalam Bukunya “Interaksi Mengajar Dan belajar”
Mengemukakan Metode mengajar didalam kelas, yaitu :
1)
Metode Ceramah
2)
Metode Tanya Jawab
3)
Metode Diskusi
4)
Metode Pemberian tugas belajar / resitasi
5)
Metode Demonstrasi dan Eksperimen
6)
Metode Bekerja kelompok
7)
Metode Sosiodrama dan bermain perminan
8)
Metode Karya wisata
9)
Metode Drill (Latihan Siap)
10) Metode
Sistem regu (Team Teaching)
v Drs.
Abdurrahman Saleh Dalam bukunya “Didaktik pendidikan agama Di Sekolah dasar”,
Juga mengemukakan hal-hal yang hampir sama, Yaitu :
1)
Metode Ceramah
2)
Metode Tanya jawab
3)
Metode Diskusi
4)
Metode Demonstrasi
5)
Metode Sosiodarma
6)
Metode Pemberian tugas
Problem yang selalu menghantui pikiran kita adalah
dapatkah metode-metode ini diterapkan / dijadikan alat bantu untuk mencapai
tujuan pendidikan agama ?. Oleh Karena itu untuk mengukur sampai dimana
efektifitas metode-metode tersebut dalam pencapaian tujuan pendidikan agama,
seyogyanya kita lebih mengenal macam-macam metode – metode tersebut; yang
tiap-tiap metode tersebut kita tinjau dan kita nilai berdasarkan beberapa
kriteria, antara lain :
1.
Bagaimana sifat dan ciri-ciri metode tersebut
2.
Kapan metode tersebut dapat digunakan
3.
Apakah segi kebaikan (Positif)nya
4.
Apakah segi kekurangan (negatif)nya
5.
Saran – saran perbaikan
5. Faktor-Faktor
yang mempengaruhi penetapan metode
Terdapat beberapa faktor
yang mempengaruhi atau yang harus diperhatikan dalam penetapan metode yang akan
digunakan sebagai alat dan cara dalam penyajian bahan pengajaran, yaitu:
Ø Tujuan
instruksional khusus
Ø Keadaan
murid –murid (peserta didik)
Ø Materi
Atau Bahan Pengajaran
Ø Situasi
Ø Fasilitas
Ø Guru
(Pendidik)
Ø Kebaikan
Dan kelemahan metode – metode.
DAFTAR PUSTAKA
Dra.H.Zuhairini, Dkk; Metodik Khusus Pendidikan
Agama. Usaha Nasional, Surabaya. 1981.
Dr.Zakiaah Daradjat, Dkk;Metodologi Pengajaran Agama
Islam.Bumi Aksara, Jakarta. 2001.
[1] Dra.H.Zuhairini, Dkk; Metodik Khusus
Pendidikan Agama. Usaha Nasional, Surabaya.
1981.
[2] Dr.Zakiaah Daradjat,
Dkk;Metodologi Pengajaran Agama Islam.Bumi Aksara, Jakarta. 2001.
[3] Ibid,1.Hal;68.
[4] Ibid,2.Hal; 61-62
[5] Ibid,1.Hal;69-70
[6] Ibid,1.Hal; 72
[7] Ibid,2.Hal;137-143
KATA
PENGANTAR
Dengan ucapan
Alhamdulillahlirabbilalamin sebagai rasa terima kasih dan puji syukur kepada Allah SWT makalah ini dapat
terselesaikan. Adapun salah satu tujuan dari disusunnya makalah ini adalah
untuk memenuhi tugas mata kuliah Strategi Belajar Mengajar. Atas selesainya
makalah ini tentunya tidak lepas dari kerjasama yang baik dalam kelompok penyusun
makalah dan dalam kesempatan ini penyusun menyampaikan ucapan terima kasih
kepada Bapak Afuan,M.Pd.I selaku dosen pembimbing mata kuliah Strategi Belajar
Mengajar yang dalam hal ini juga sebagai pemberi tugas.
Tentunya dalam penyusunan makalah
ini banyak terdapat kesalahan, baik dari segi kosakata maupun dari segi
pengertian. Oleh karena itu segala kritik dan saran yang membangun sangat
diharapkan agar dalam pembuatan makalah-makalah di masa mendatang dapat lebih
baik lagi. Segala saran dan masukan atas kekurangan makalah ini, tim penyusun
makalah terima dengan pikiran terbuka dan ucapan terima kasih.
Muara Tebo, april 2013
Tim Penyusun,
i
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR
.....................................................................................................
DAFTAR
ISI
...................................................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN
...............................................................................................
1.
LATAR BELAKANG
.................................................................................................
BAB
II PEMBAHASAN
................................................................................................
1.
BEBERAPA TEKNIK MENDAPATKAN UMPAN BALIK……………………....
A. Memancing Apersepsi
Anak…………….……………….………………………..
B. Memanfaatkan Teknik Alat Bantu Yang
Aksebtabel……………………………..
C. Memilih Bentuk Motivasi yang
akurat……………………………………………
D. Menggunakan Metode yang
bervariasi……………………………………………
BAB
III PENUTUP
........................................................................................................
1.
KESIMPULAN
..........................................................................................................
2.
SARAN
......................................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
....................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar