اَسَّلَمُءَلَيْكُمْ... و.. و
اَلْحَمْدُلِلّهِ,
اَلْحَمْدُلِلّهِ, نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوْذُبِاللهِ
مِنْ سُرُوْرِانْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِي اللهُ
فَلاَمُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَدِيَ لَهُ. اَشْهَدُاَنْ لاَّاَلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ
لاَشَرِيْكَ لَهُ. اِلَهُ اْلاَوَّ لِيْنَ وَاْلاَخِرِيْنَ. وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُالْمُرْسَلِيْنَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍوَعَلَى
اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَخْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ. فَيَامَعْشَرَالْمُسْلِمِيْنَ.يَاأَيُّهَاالّذِيْنَ
اَمَنُوْااِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَا تِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّوَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ،,, $ygr'¯»t úïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhsÛ $tB öNä3»oYø%yu (#rãä3ô©$#ur ¬! bÎ) óOçFZà2 çn$Î) crßç7÷ès? اُسِيْكُم اَيُّهَاالنَّاسِ, وَنَفْسِى
بِتَقْوَاللهُ عَذَّوَجَلَّ لَعَلَّكُمْ تُفْلِهُوْنَ .
Hadirin siding
jum’at yang dirahmati Allah.
Dengan berdirinya khatib diatas
mimbar kuhutbah ini, khatib akan berwasiat kepada hadirin sekelian dan untuk diri pribadi katib
sendiri. Agar senantiasa meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT,
dengan mengerjakan semua perintah-perintahnya, dan menjahui
larangan-laranganNya. Sungguh kelak kita semua akan mengalami hari kematian,
maupun hari kiamat dimana pada hari itu adalah hari pembalasan atas semua
perbuatan yang telah kita lakukan didunia ini. Apa bila baik perbuatan kita
didunia ini maka baik pulah balasan yang akan diberikan oleh Allah kepada kita,
dan sebaliknya apabila pada masa hidupkita didunia selalu mengerjakan segalah
dari bentuk larangan Allah, maka nerakalah balasan dari semuanya.
Sebagai mana yang telah dijelaskan pada khutbah-khutbah Jum’at
yang berlalu bahwa betapa pentingnya bagi umat muslim untuk berpedoman teguh
kepada ajaran Allah dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam firmannya
yang berbunyi:
$pkr'¯»t tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqß§9$# Í<'ré&ur ÍöDF{$# óOä3ZÏB ( bÎ*sù ÷Läêôãt»uZs? Îû &äóÓx« çnrãsù n<Î) «!$# ÉAqß§9$#ur bÎ) ÷LäêYä. tbqãZÏB÷sè? «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# 4 y7Ï9ºs ×öyz ß`|¡ômr&ur ¸xÍrù's?
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah
Rasul (nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan
pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan
Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari
kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.(QS.
An-nisa’:59)
Pada
pembahasan kali ini khatip akan memaparkan permasalahan atau sedikit contoh
betapa pentinya kita berpedoman kepada Al-Qur’an dan Sunnah, yakni permasalahan
tentang najis dan mutanajis.
Najis secara
bahasa bermakna al qadzarah ( القذارة ) yang artinya adalah kotoran. Sedangkan secara istilah, najis
menurut definisi Imam Syafi’iyah adalah: “Sesuatu yang dianggap kotor dan
mencegah sahnya shalat tanpa ada hal yang meringankan. Dan menurut definisi
Al Malikiyah, najis adalah:
“Sifat hukum
suatu benda yang mengharuskan seseorang tercegah dari kebolehan melakukan
shalat bila terkena atau berada di dalamnya.
Nasi adalah
sesuatu yang tidak dapat disucikan, seperti kotoran, baik kotoran manusia atau
pun binatang. Tidak bisa kotoran manusia atau binatang dibersihkan untuk suci,
karena najis itu sudah mutlak adanya, tidak ada bagian yang suci. Hal ini tentu
berbeda dengan Mutanajis, karena mutanajis adalah benda suci terkena najis,
seperti batu, kulit, baju, celana dan benda suci lainnya terkena najis. Untuk
itu mutanajis dapat disucikan. Misalnya batu yang suci terkena kotoran maka cucilah
kotorannya sampai tidak ada bekasnya, baik baunya, rasanya dan warnanya.
Persoalannya
sekarang bagaimana kalau benda suci masuk ke dalam perut? apakah benda tersebut
najis atau mutanajis? karena benda tersebut bercampur dengan kotoran yang ada
di dalam perut. Benda tersebut yang masuk ke dalam perut bisa mutanajis jika
benda terebut tidak hancur dari wujud aslinya. Seperti biji rambutan yang
tertelan oleh seseorang, setelah keluar tetap tidak berubah menjadi biji
rambutan. Maka posisi biji rambutan menjadi mutanajis bukan najis. Artinya biji
tersebut dapat disucikan, dengan cara dicuci dengan air yang suci. Berbeda
halnya jika biji rambutan itu hancur sampi tidak nampak wujud aslinya, maka
hukumnya menjadi najis.
Kasus ini
sebenarnya ada korelasi dengan kotoran musang (Careh). Musang makan kopi, dan
kopinya tidak hancur dari wujud aslinya, maka hukum kopi tersebut menjadi
mutanajis. Artinya dapat disucikan dengan cara dicuci dengan air yang suci
kemudian dibuat lah menjadi kopi.
Muzakarah
Jawatan kuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Agama Islam yang bersidang
pada 13-15 Februari 2012 telah membincangkan Hukum Meminum Kopi Luwak (Musang).
Muzakarah telah membuat keputusan. Setelah meneliti keterangan, hujah-hujah dan
pandangan yang dikemukakan, Muzakarah menegaskan bahawa Allah SWT memerintahkan
umatNya supaya memilih rezeki yang halal dan memakan makan yang baik
sebagaimana firman-Nya dalam Surah al-Baqarah, ayat 172 yang berbunyi:
$ygr'¯»t úïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhsÛ $tB öNä3»oYø%yu (#rãä3ô©$#ur ¬! bÎ) óOçFZà2 çn$Î) crßç7÷ès?
Artinya: Wahai orang yang beriman! Makanlah
dari rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepada kamu, dan bersyukurlah
kepada Allah, jika betul kamu beribadat kepada-Nya.”
Majlis Ulama
juga berpandangan bahawa kaedah fiqhiyyah menetapkan bahawa hukum asal mengenai
sesuatu adalah harus selagimana tidak ada dalil muktabar yang mengharamkannya.
Ulama’-ulama’ fiqh muktabar menjelaskan bahawa mana-mana bijian yang
dimuntahkan oleh hewan atau yang keluar bersama najis hewan tersebut, selagi
mana ia tidak rusak dan masih kekal dalam rupa bentuknya yang asal atau jika
ditanam ia mampu tumbuh, maka ia dihukumkan sebagai mutanajjis dan bukan najis.
Begitu juga sebaliknya biji kopi tersebut pecah atau rusak atau dapat
dipastikan apabila ditanam biji tersebut tidak tumbuh, maka biji tersebut
tergolong pada najis dan haram untuk dikonsumsi.
Sehubungan itu,
selaras dengan penegasan dan pandangan-pandangan tersebut, Majlis Ulama bersetuju
memutuskan bahawa biji Kopi Luwak (musang) bisa bersifat mutanajjis dengan
syarat:
1.
biji kopi tersebut masih dalam
keadaan baik, tidak berlubang, tidak pecah dan dapat tumbuh jika ditanam; dan
2.
biji kopi tersebut hendaklah
disucikan terlebih dahulu dari pada najis.
Majlis Ulama
juga memutuskan supaya Prodak Kopi Luwak yang dihasilkan hendaklah mendapatkan izin
pengesahan Label Halal dari Majlis Ulama sebelum dipasarkan kepada masyarakat
Islam. Jadi kesimpulannya adalah Sebagai seorang muslim kita harus lebih jeli
menyingkapi setiap permasalahan-permasalahan bermu’amalah dan termasuk
orang-orang yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-sunnah. Semoga kita semua
termasuk orang-orang yang selalu mendapatkan riski yang halal lagi baik. Amin
Ya Robbal Alamin
بَارَكَاللهُ لِىْ وَلَكُمْ وَلِسَاءِرِالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ
وَاسْتَغْفِرُوااللهَ اِنَهُ هُوَالْغَفُرُالرَّحِيْمٌ.,,,,,,
*اَلْحَمْدُلِلّهِ.
اَلْحَمْدُلِلّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِبًا مُبَرَكًافِيْهِ. اَللهُمَّ لاَأُحْصِيْ ثَنَاءًعَلَيْكَ
أَنْتَ كَمَاأَثْنَيْتَ عَلىَ نَفْسِكَ. اَشْهَدُاَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ
لاَشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَنَبِىَّ
بَعْدَهُ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيُمِ: بِسْمِ اللهِ
الّرحْمَنِ الّرحِيْمِ وَالْعَصْرِ, اِنَّ إِلإِنْسَنَ لَفِى خُسْرٍ, إِلاَّالَّذِيْنَءَامَنُوْا
وَعَمِلُوْ الصَّلِحَتِ وَتَوَاصَوْابِالْحَقِّ وَتَوَا صَوْابِالصَّبْرِ.
اِنَّاللهَ وَمَلاَ ئِكَتَهُ يُصَلُّ نَ عَلَى
النَّبِىِّ, يَااَيَّهَاالَّذِيْنَ اَمَنُوْصَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اللهُمَّ صَلِّ عَلَ مُحَمَّدٍعَبْدِكَ
وَرَسُوْلِكَ كَمَاصَلَّيْتَ عَلَ اِبْرَاهِمْ وَعَلَ اَلِ اِبْرَاهِمَ, وَبَرِكْ
عَلَى مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِ مُحُمَّدٍ, كَمَابَارَكْتَ عَلَى اِبْرَاهِمَ وَعَلَى
اَلِ اِبْرَاهِمَ, اِنَّكَ حَمِيْدٌمَجِيْدٌ.
....اَللهُمَّ اغْفِرْلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَتَاتِ,
وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِمِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتْ, إنَّكَ
سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ, وَيَقَدِيَلْحَاتِ يَامُجِ
بَسَّئِيْلِيْنَ, يَارَبَّلئَلَمِيْنَ.
اَللهُمَّ بِحَقِّ اْلفَاتِحَةِ وَسِرِّاْلفَاتِحَةِيَفَارِجَ اْلهَمِّ
وَيَاكَاشِفَ اْلغَمِّ, يَامَنْ لِعِبَادِهِ ايَغْفِرُوَيَرْحَمْ, يَادَافِعَ اْلبَلاَءِيَا
اللهُ وَيَادَافِعَ اْلبَلاَءِيَارَحْمَنُ وَيَادَافِعَ اْلبِلاَءِيَارَحِيْمُ, اِدْفَعْ
عَنَّااْلغَلاَءِ وَاْلوَبَاءَ وَاْلفَحْشَاءَ وَرِّبَاءَوَذِّنَاءَ وَاْلمُنْكَرَ,
وَالسُّيُوْفَ اْلمُخْتَلِفَتَلِفَةَوَالشَّدَائِدَوَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَمِنْهَاوَمَابَطَنَ
عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاا صَّةًوَعَنْ سَائِرِبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً.
اِنَّكَ عَلىَ اكُلِّ شَيْءٍقَدِيْرٌ.(يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اِرْحَمْنَا...)
وَعَفِنَاوَاعْفُ عَنَّا. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّاانَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ.
وَتُبْ عَلَيْنَااِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ. اَللهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ
حُسْنَ اْلخَاتِمَةِ. وَنَعُوْذُبِكَ مِنْسُوْءِاْلخَاتِمَةِ.
رَبَنَااَتِنَ فِيْ الدُّنْيَاحَسَنَةَوَفِي اْلأَخِرَةِحَسَنَةَ وَقِنَاعَذَابَ
النَّار. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَةِعَمَّايَصِفُونَ,وَسَلاَمٌ عَلَى اْلمُرْسَلِيْنَ,
وَالْحَمْدُللهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. عِبَادَاللهُ, اِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِ
اْلعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ, وَاِيْتَا اِذِيْلْ قُرْبَا وَاْليَنْهَاعَنِ اْلفَهْشَ
اِوَاْلمُنْكَرِوَاْلبَغْ. يَعِذُّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُاللهَ
اْلعَظِيْمَ يَذْ كُرْكُمْ وَشْكُرُهُ عَلاَ نِعَمِهِ يَذِدْكُمْ, وَسْعَلُهُ مِنْ
فَضْلِهِ يُعْتِيْكُمْ وَلاَذِكْرُاللهِ اَكْبَرُ.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar