Selasa, 12 April 2016

Contoh Khutbah Jum'at


اَسَّلَمُءَلَيْكُمْ... و.. و
اَلْحَمْدُلِلّهِ, اَلْحَمْدُلِلّهِ, نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوْذُبِاللهِ مِنْ سُرُوْرِانْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِي اللهُ فَلاَمُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَهَدِيَ لَهُ. اَشْهَدُاَنْ لاَّاَلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. اِلَهُ اْلاَوَّ لِيْنَ وَاْلاَخِرِيْنَ. وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُالْمُرْسَلِيْنَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَخْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ. فَيَامَعْشَرَالْمُسْلِمِيْنَ.يَاأَيُّهَاالّذِيْنَ اَمَنُوْااِتَّقُوْااللهَ حَقَّ تُقَا تِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ إِلاَّوَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى الْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ،,,  $ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhŠsÛ $tB öNä3»oYø%yu (#rãä3ô©$#ur ¬! bÎ) óOçFZà2 çn$­ƒÎ) šcrßç7÷ès?  اُسِيْكُم اَيُّهَاالنَّاسِ, وَنَفْسِى بِتَقْوَاللهُ عَذَّوَجَلَّ لَعَلَّكُمْ تُفْلِهُوْنَ .
Hadirin siding jum’at yang dirahmati Allah.
            Dengan berdirinya khatib diatas mimbar kuhutbah ini, khatib akan berwasiat kepada hadirin sekelian dan untuk diri pribadi katib sendiri. Agar senantiasa meningkatkan iman dan ketakwaan kita kepada Allah SWT, dengan mengerjakan semua perintah-perintahnya, dan menjahui larangan-laranganNya. Sungguh kelak kita semua akan mengalami hari kematian, maupun hari kiamat dimana pada hari itu adalah hari pembalasan atas semua perbuatan yang telah kita lakukan didunia ini. Apa bila baik perbuatan kita didunia ini maka baik pulah balasan yang akan diberikan oleh Allah kepada kita, dan sebaliknya apabila pada masa hidupkita didunia selalu mengerjakan segalah dari bentuk larangan Allah, maka nerakalah balasan dari semuanya.
Sebagai mana yang telah dijelaskan pada khutbah-khutbah Jum’at yang berlalu bahwa betapa pentingnya bagi umat muslim untuk berpedoman teguh kepada ajaran Allah dan sunnah Nabi Muhammad SAW. Dalam firmannya yang berbunyi:
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqß§9$# Í<'ré&ur ͐öDF{$# óOä3ZÏB ( bÎ*sù ÷Läêôãt»uZs? Îû &äóÓx« çnrŠãsù n<Î) «!$# ÉAqß§9$#ur bÎ) ÷LäêYä. tbqãZÏB÷sè? «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ̍ÅzFy$# 4 y7Ï9ºsŒ ׎öyz ß`|¡ômr&ur ¸xƒÍrù's?
Artinya:           Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.(QS. An-nisa’:59)
            Pada pembahasan kali ini khatip akan memaparkan permasalahan atau sedikit contoh betapa pentinya kita berpedoman kepada Al-Qur’an dan Sunnah, yakni permasalahan tentang najis dan mutanajis.
Najis secara bahasa bermakna al qadzarah ( القذارة ) yang artinya adalah kotoran. Sedangkan secara istilah, najis menurut definisi Imam Syafi’iyah adalah: “Sesuatu yang dianggap kotor dan mencegah sahnya shalat tanpa ada hal yang meringankan. Dan menurut definisi Al Malikiyah, najis adalah:
Sifat hukum suatu benda yang mengharuskan seseorang tercegah dari kebolehan melakukan shalat bila terkena atau berada di dalamnya.
Nasi adalah sesuatu yang tidak dapat disucikan, seperti kotoran, baik kotoran manusia atau pun binatang. Tidak bisa kotoran manusia atau binatang dibersihkan untuk suci, karena najis itu sudah mutlak adanya, tidak ada bagian yang suci. Hal ini tentu berbeda dengan Mutanajis, karena mutanajis adalah benda suci terkena najis, seperti batu, kulit, baju, celana dan benda suci lainnya terkena najis. Untuk itu mutanajis dapat disucikan. Misalnya batu yang suci terkena kotoran maka cucilah kotorannya sampai tidak ada bekasnya, baik baunya, rasanya dan warnanya.
Persoalannya sekarang bagaimana kalau benda suci masuk ke dalam perut? apakah benda tersebut najis atau mutanajis? karena benda tersebut bercampur dengan kotoran yang ada di dalam perut. Benda tersebut yang masuk ke dalam perut bisa mutanajis jika benda terebut tidak hancur dari wujud aslinya. Seperti biji rambutan yang tertelan oleh seseorang, setelah keluar tetap tidak berubah menjadi biji rambutan. Maka posisi biji rambutan menjadi mutanajis bukan najis. Artinya biji tersebut dapat disucikan, dengan cara dicuci dengan air yang suci. Berbeda halnya jika biji rambutan itu hancur sampi tidak nampak wujud aslinya, maka hukumnya menjadi najis.
Kasus ini sebenarnya ada korelasi dengan kotoran musang (Careh). Musang makan kopi, dan kopinya tidak hancur dari wujud aslinya, maka hukum kopi tersebut menjadi mutanajis. Artinya dapat disucikan dengan cara dicuci dengan air yang suci kemudian dibuat lah menjadi kopi.
Muzakarah Jawatan kuasa Fatwa Majlis Kebangsaan Bagi Hal Ehwal Agama Islam yang bersidang pada 13-15 Februari 2012 telah membincangkan Hukum Meminum Kopi Luwak (Musang). Muzakarah telah membuat keputusan. Setelah meneliti keterangan, hujah-hujah dan pandangan yang dikemukakan, Muzakarah menegaskan bahawa Allah SWT memerintahkan umatNya supaya memilih rezeki yang halal dan memakan makan yang baik sebagaimana firman-Nya dalam Surah al-Baqarah, ayat 172 yang berbunyi:
$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhŠsÛ $tB öNä3»oYø%yu (#rãä3ô©$#ur ¬! bÎ) óOçFZà2 çn$­ƒÎ) šcrßç7÷ès?
Artinya:           Wahai orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang telah Kami berikan kepada kamu, dan bersyukurlah kepada Allah, jika betul kamu beribadat kepada-Nya.”

Majlis Ulama juga berpandangan bahawa kaedah fiqhiyyah menetapkan bahawa hukum asal mengenai sesuatu adalah harus selagimana tidak ada dalil muktabar yang mengharamkannya. Ulama’-ulama’ fiqh muktabar menjelaskan bahawa mana-mana bijian yang dimuntahkan oleh hewan atau yang keluar bersama najis hewan tersebut, selagi mana ia tidak rusak dan masih kekal dalam rupa bentuknya yang asal atau jika ditanam ia mampu tumbuh, maka ia dihukumkan sebagai mutanajjis dan bukan najis. Begitu juga sebaliknya biji kopi tersebut pecah atau rusak atau dapat dipastikan apabila ditanam biji tersebut tidak tumbuh, maka biji tersebut tergolong pada najis dan haram untuk dikonsumsi.
Sehubungan itu, selaras dengan penegasan dan pandangan-pandangan tersebut, Majlis Ulama bersetuju memutuskan bahawa biji Kopi Luwak (musang) bisa bersifat mutanajjis dengan syarat:
1.      biji kopi tersebut masih dalam keadaan baik, tidak berlubang, tidak pecah dan dapat tumbuh jika ditanam; dan
2.      biji kopi tersebut hendaklah disucikan terlebih dahulu dari pada najis.

Majlis Ulama juga memutuskan supaya Prodak Kopi Luwak yang dihasilkan hendaklah mendapatkan izin pengesahan Label Halal dari Majlis Ulama sebelum dipasarkan kepada masyarakat Islam. Jadi kesimpulannya adalah Sebagai seorang muslim kita harus lebih jeli menyingkapi setiap permasalahan-permasalahan bermu’amalah dan termasuk orang-orang yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-sunnah. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu mendapatkan riski yang halal lagi baik. Amin Ya Robbal Alamin
بَارَكَاللهُ لِىْ وَلَكُمْ وَلِسَاءِرِالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَاسْتَغْفِرُوااللهَ اِنَهُ هُوَالْغَفُرُالرَّحِيْمٌ.,,,,,,


*اَلْحَمْدُلِلّهِ. اَلْحَمْدُلِلّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِبًا مُبَرَكًافِيْهِ. اَللهُمَّ لاَأُحْصِيْ ثَنَاءًعَلَيْكَ أَنْتَ كَمَاأَثْنَيْتَ عَلىَ نَفْسِكَ. اَشْهَدُاَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَنَبِىَّ بَعْدَهُ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيُمِ: بِسْمِ اللهِ الّرحْمَنِ الّرحِيْمِ وَالْعَصْرِ, اِنَّ إِلإِنْسَنَ لَفِى خُسْرٍ, إِلاَّالَّذِيْنَءَامَنُوْا وَعَمِلُوْ الصَّلِحَتِ وَتَوَاصَوْابِالْحَقِّ وَتَوَا صَوْابِالصَّبْرِ.
اِنَّاللهَ وَمَلاَ ئِكَتَهُ يُصَلُّ نَ عَلَى النَّبِىِّ, يَااَيَّهَاالَّذِيْنَ اَمَنُوْصَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.
اللهُمَّ صَلِّ عَلَ مُحَمَّدٍعَبْدِكَ وَرَسُوْلِكَ كَمَاصَلَّيْتَ عَلَ اِبْرَاهِمْ وَعَلَ اَلِ اِبْرَاهِمَ, وَبَرِكْ عَلَى مُحَمَّدٍوَعَلَى اَلِ مُحُمَّدٍ, كَمَابَارَكْتَ عَلَى اِبْرَاهِمَ وَعَلَى اَلِ اِبْرَاهِمَ, اِنَّكَ حَمِيْدٌمَجِيْدٌ.
....اَللهُمَّ اغْفِرْلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَتَاتِ, وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِمِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتْ, إنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ, وَيَقَدِيَلْحَاتِ يَامُجِ بَسَّئِيْلِيْنَ, يَارَبَّلئَلَمِيْنَ.
اَللهُمَّ بِحَقِّ اْلفَاتِحَةِ وَسِرِّاْلفَاتِحَةِيَفَارِجَ اْلهَمِّ وَيَاكَاشِفَ اْلغَمِّ, يَامَنْ لِعِبَادِهِ ايَغْفِرُوَيَرْحَمْ, يَادَافِعَ اْلبَلاَءِيَا اللهُ وَيَادَافِعَ اْلبَلاَءِيَارَحْمَنُ وَيَادَافِعَ اْلبِلاَءِيَارَحِيْمُ, اِدْفَعْ عَنَّااْلغَلاَءِ وَاْلوَبَاءَ وَاْلفَحْشَاءَ وَرِّبَاءَوَذِّنَاءَ وَاْلمُنْكَرَ, وَالسُّيُوْفَ اْلمُخْتَلِفَتَلِفَةَوَالشَّدَائِدَوَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَمِنْهَاوَمَابَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاا صَّةًوَعَنْ سَائِرِبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً. اِنَّكَ عَلىَ اكُلِّ شَيْءٍقَدِيْرٌ.(يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اِرْحَمْنَا...) وَعَفِنَاوَاعْفُ عَنَّا. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّاانَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ. وَتُبْ عَلَيْنَااِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ. اَللهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ حُسْنَ اْلخَاتِمَةِ. وَنَعُوْذُبِكَ مِنْسُوْءِاْلخَاتِمَةِ.
رَبَنَااَتِنَ فِيْ الدُّنْيَاحَسَنَةَوَفِي اْلأَخِرَةِحَسَنَةَ وَقِنَاعَذَابَ النَّار. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَةِعَمَّايَصِفُونَ,وَسَلاَمٌ عَلَى اْلمُرْسَلِيْنَ, وَالْحَمْدُللهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. عِبَادَاللهُ, اِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِ اْلعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ, وَاِيْتَا اِذِيْلْ قُرْبَا وَاْليَنْهَاعَنِ اْلفَهْشَ اِوَاْلمُنْكَرِوَاْلبَغْ. يَعِذُّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُاللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْ كُرْكُمْ وَشْكُرُهُ عَلاَ نِعَمِهِ يَذِدْكُمْ, وَسْعَلُهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْتِيْكُمْ وَلاَذِكْرُاللهِ اَكْبَرُ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar