
DELAPAN PERANGKAT
PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
SILABUS PEMBELAJARAN
![]() |
SILABUS
Madrasah : MTs
Kelas/Semester : VII/ I
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi : 1. Melaksanakan ketentuan thaharah (bersuci)
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.1 menjelaskan macam-macam najis dan tatacara
thaharahnya
(bersucinya)
|
Najis
|
·
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar
dan jelas tentang najis dan macam-macamnya
·
Mendengarkan pen-jelasan macam-macam air
·
Mengklasifikasi-kan macam-macam
air.
·
Menyebutkan per-bedaan air mutlaq,
musta’mal, mak-ruh dan mutanajis
·
Mempraktikkan cara bersuci dari
najis
|
§ Siswa dapat
menjelaskan pengertian najis
§ Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
berikut pengertiannya
·
Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
1.2
Menjelaskan hadast kecil dan tatacara
thaharahnya (bersucinya )
|
Hadast
kecil
|
·
Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang hadast kecil
dan melakukan tanya jawab seputar hadast kecil
·
Mengidentifikasi kondisi berhadast
kecil
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian hadast kecil
·
Mengidentifikasi ciri-ciri hadast kecil
·
Menyebutkan contoh yang termasuk
hadast kecil
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
4 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar observasi
Lembar penilaian
Boneka
Batu, kertas,tissue,daun kering,kaca,plastik,batu apung, batu kali
Air
Gambar peragaan
wudhu
|
Istinja’
|
·
Membaca kemudian menjelaskan masalah istinja’
·
Mengidentifikasi alat yang dapat
digunakan untuk beristinja’ dan
memperagakannya
|
Siswa dapat :
· Menjelaskan
pengertian istinja’
·
Menjelaskan hukum Istinja’
· Menjelaskan
adab buang air
·
Menentukan alat –alat yang dapat digunakan untuk istinja.
·
Mempraktikkan tata-cara istinja’
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
|
Wudhu
|
·
Membaca materi, melakukan penga-matan terhadap teman yang mela-kukan
wudhu menuliskan hasil pengamatannya dan memberikan kesimpulan
·
Mempraktikkan wudhu secara
bergantian
|
Siswa dapat :
· Menjelaskan
· pengertian
wudhu
· Menetukan
syarat dan rukun wudhu
· Menunjukkan
sunnah wudhu
·
Mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
· Mempraktekkan
tata cara wudhu
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
|
1.3 Menjelaskan hadast besar dan tatacara
thaharahnya
|
Hadast besar
|
·
Mendengarkan penjelasan tentang pengertian dan contoh hadast besar
Melakukan studi kasus seputar masalah hadast besar
|
Siswa dapat :
· Menjelaskan
pengertian hadast besar
· Menjelaskan
contoh hadast besar
|
Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air
|
Haid
|
·
Membaca dan memahami materi haid.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan siklus haid
·
Mengklasifikasikan jenis kewajiban bagi wanita yang sudah haid
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian haid
·
Menunjukkan ciri-ciri darah haid
·
Membedakan darah haid dengan darah istikhadho
·
Menentukan siklus darah haid
·
Mengidentifikasi kewajiban syar’i
bagi wanita yang sudah haid
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar
macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
|
|
Mimpi Basah
|
·
Membaca dan memahami materi mimpi basah.
·
Mengidentifikasi ciri-ciri dan waktu terjadinya mimpi basah
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian mimpi basah
·
Menunjukkan ciri-ciri mimpi basah
·
Mengidentifikasi Kewajiban syar’i
bagi laki-laki yang sudah mimpi basah
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air kelapa,air
es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
Mandi wajib
|
·
Melakukan tanya jawab seputar mandi
·
Mendengarkan penjelasan seputar syarat,rukun dan sunnah mandi
·
Mengidentifikasi sebab diwajibkannya
mandi
·
Mencontohkan mandi wajib dengan alat boneka
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian mandi
·
Menjelaskan macam-macam mandi
·
Menjelaskan syarat,rukun dan
sunnah mandi
·
.Menjelaskan hal-hal yang mewajibkan mandi Mendemonstrasikan cara mandi wajib
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
|
Tayammum
|
·
Membaca dan memahami seputar materi
tayammum dengan benar
·
Melakukan tanya jawab
·
Memperagakan cara bertayammum
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan penger-tian tayammum
·
Menjelaskan penger-tian tayammum
·
Menjelaskan syarat dan rukun
tayammum
·
Menjelaskan hal-hal yang membatalkan tayammum
·
Menjelaskan sebab-sebab tayammum
·
Mempraktikan cara bertayammum
|
Tes unjuk kerja
Observasi
Performan
|
2x40’
menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Gambar seputar macam-macam najis
Air,Teh,kopi,susu,sirup,air
kelapa,air es,garam,kotoran kambing.
Gelas plastik.
Lembar observasi.
LKS.
|
|
1.4. Memprakt-ikkan bersuci dari najis dan
hadas
|
bersuci dari najis dan hadas
|
·
Memperagakan bersuci dari najis dan hadas
·
Mengamati siswa sedang praktek bersuci dari najis dan hadas kemudian memberikan penilaian
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan tata Cara bersuci dari najis dan hadas
|
Tugas kelompok
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih kelas VII
Lembar kerja
Lembar penilaian
Lembar observasi
Boneka
Air
|
Standar Kompetensi : 2. Melaksanakan tatacara shalat fardhu dan sujud sahwi
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
2.1 Menjelaskan tata cara shalat lima waktu
|
Shalat fardhu
|
·
Membaca dan menelaah ber-bagai literatur untuk menemu-kan konsep yang
benar dan jelas tentang shalat
·
Melakukan pe-ngamatan kemu-dian membuat kesimpulan
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat
·
Menjelaskan syarat-syarat shalat
·
Menjelaskan rukun shalat
·
Menjelaskan sunnah shalat
·
Mennjelaskan hal hal yang membatalkan shalat
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.2
Menghafal bacaan-baca-an
shalat lima waktu
|
Shalat fardhu
|
·
Membaca ber-sama- sama bacaan shalat kemudian meng-hafalkannya
|
Siswa dapat :
·
Melafalkan bacaan shalat dengan benar
·
Menghafal bacaan shalat
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.3 Menjelaskan ketentuan waktu shalat lima
waktu
|
Shalat fardhu
|
·
Menyebutkan waktu pelak-sanaan shalat fardhu kemu-dian menun-jukkan cara
menentukan waktu shalat fardhu
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan waktu shalat fardhu
·
Menjelaskan cara menentukan waktu shalat fardhu
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.4
Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
|
Sujud sahwi
|
·
Membaca dan memahami ma-teri sujud sahwi
·
Membaca ber-sama-sama ke-mudian mengha-falkannya
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan penger-tian sujud sahwi
·
Menghafal bacaan sujud sahwi
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
2.5 Mempraktekkan shalat lima waktu dan sujud
sahwi
|
Sujud sahwi
|
·
Memperakan gerakan shalat dan sujud sahwi secara bergantian
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan tata cara shalat dan sijid sahwi
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
6x40’
|
Buku Paket
Gambar peragaan shalat
VCD Shalat yang benar
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
|
Standar Kompetensi : 3. Melaksanakan tatacara adzan, iqamah ,dan shalat jamaah
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah
|
Adzan dan iqamah
|
·
Membaca materi dan melakukan tanya jawab
·
Melafalkan bacaan azdan dan iqamah kemudian menghafalnya
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian azdan dan iqamah
·
Menjelaskan hukum azdan dan iqamah
·
Melafalkan azdan dan iqamah
|
Tes tulis
Performen
Observasi
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah
|
3.2 Menjelaskan
ketentuan shalat berjamaah
|
Shalat jama’ah
|
·
Mengamati kemudian melakukan tanya jawab kemudian membuat kesimpulan
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat berjamaa’ah dan dalilnnya
·
Menjelaskan hukum dan pengertian shalat berjama’ah
·
Menjelaskan syarat menjadi imam dan makmum
·
Menjelaskan tata cara membuat shaf (baris) dalam berjama’ah
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah
|
3.3 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
|
ketentuan makmum masbuk
|
·
Membaca dan memahami tatacar makmum masbuq
·
Memperagakan cara shalat
jama’ah makmum masbuq
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian makmum masbuq
·
Menjelaskan cara shalat makmum masbuq
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah
|
3.4 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang
lupa
|
cara mengingatkan imam yang lupa
|
·
Memperagakan cara mengingatkan imam lupa
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan cara-cara mengingatkan
imam yang lupa
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah
|
3.5 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang
batal
|
cara mengingatkan imam yang batal
|
·
Memperagakan cara mengingatkan imam batal
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan cara-cara mengingatkan
imam yang batal
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah
|
3.6 Mempraktekkan adzan, iqamah dan shalat
jama’ah
|
adzan, iqamah dan shalat jama’ah
|
·
Memperagakan cara adzan dan iqamah kemudian memberikan penilaian
·
Memperagakan cara shalat berjama’ah dan melakukan penilaian
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan azdan dan iqamah
·
Mempraktikkan cara shalat berjama’ah
|
Tes unjuk kerja
Portofolio
Tes tulis
|
4 x 40 menit
|
Buku Paket Fikih VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
Gambar tatacara shalat
VCD shalat Rasulullah
|
Standar Kompetensi :
4. Melaksanakan tatacara berdzikir dan berdo’a
setelah shalat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1 Menjelaskan tatacara berdzikir dan berdo’a
setelah shalat
|
Dzikir dan do’a
|
·
Membaca materi dan melakukan tanya jawab
·
Mengidentifikasi keutamaan dzikir
dan do’a
·
Melafalkan bacaan dzikir dan do’a kemudian menghafalnya
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
·
Mengemukakan manfaat dzikir dan do’a
·
Melafalkan dzikir dan do’a
|
Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir
|
4.2 Menghafal bacaan dzikir dan do’a setelah
shalat
|
Dzikir dan do’a
|
·
Melakukan pengamatan pada saat peragaan dzikir dan do’a
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan tatacara dzikir an do’a berjamaa’ah dan dalilnnya
|
Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir
|
4.3 Mempraktekkan dzikir dan do’a
|
Dzikir dan do’a
|
·
Memperagakan cara dzikir dan do’a secara berkelompok
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan dzikir dan do’a
|
Tes Lisan
Observasi
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
LKS
Lembar penilaian
Lembar observasi
Contoh lembaran do’a dan dzikir
|
Mengetahui, ………, …………….
Kepala
Madrasah
Guru Mata Pelajaran
___________________ ____________________
NIP. NIP.

DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
SILABUS PEMBELAJARAN
![]() |
SILABUS
Madrasah : MTs
Kelas/Semester : VII/ II
Mata Pelajaran : Fikih
Standar Kompetensi :
5. Melaksanakan tatacara shalat wajib selain shalat
lima waktu
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat dan khutbah
Jum’at
|
Tata cara shalat jum’at
|
·
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar
dan jelas tentang shalat dan khutbah jum’at
·
Melakukan tanya jawab
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat jum’at dan dalilnya
·
Menjelaskan syarat rukun shalat jum’at.
·
Menjelaskan syarat rukun khutbah
jum’at
·
Menjelaskan sunah shalat jum’at
|
Tes tulis
Penugasan
Performan
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
Buku paket Fikih VII
LKS
Lembar observasi
Lembar penilaian
Teks khutbah jum’at
|
5.2 Mempraktekkan khutbah dan shalat jum’at
|
khutbah dan shalat jum’at
|
·
Memperagakan cara shalat dan khutbah jum’at secara berkelompok
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan cara shalat dan khutbah jum’at
|
Tes tulis
Penugasan
Performan
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
|
5.3 Menjelaskan ketentuan shalat Jenazah
|
Shalat jenazah
|
·
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar
dan jelas tentang shalat dan khutbah jum’at
·
Melakukan tanya jawab
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian dan hukum shalat jenazah dan dalilnya
·
Menjelaskan syarat dan rukun shalat jenazah
·
Menjelaskan pengertian shalat ghaib
|
Tes tulis
Penugasan
Performan
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
Buku paket Fikih VII
VCD perawatan jenazah
Kain kafan
Lembar penilaian
LKS
|
5.4 Menghafal bacaan-bacaan shalat
Jenazah
|
|
·
Melafalkan bacaan shalat jenazah secara bersama
|
Siswa dapat :
·
Melafalkan bacaan shalat jenazah dilanjutkan menhafalkan
|
Tes tulis
Penugasan
Performan
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
|
5.5 Mempraktekkan shalat jenazah
|
|
·
Memperagakan cara shalat jenazah kemudian memberikan penilaian
|
Siswa dapat :
·
Mempraktikkan tata cara shalat
jenazah
|
Tes tulis
Penugasan
Performan
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
|
Standar Kompetensi
: 6 . Melaksanakan tatacara shalat jama’, qoshor,
dan jama’ qoshor serta sholat dalam
keadaan darurat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
6.1 Menjelaskan ketentuan shalat jama', qashar
dan jama qashar
|
Shalat jama’,qashar dan jama’ qashar
|
·
Mempelajari materi shalat jama’ dan qashar
·
Diskusi kelompok berdasarkan materi yang di baca
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat jama’.
·
Menjelaskan macam-macam shalat jama’
·
Menunjukkan shalat yang boleh dijama’
·
Mengemukakan syarat shalat jama’ Mendemonstrasikan cara shalat jama’
·
Menjelaskan pengertian shalat
qashar.
·
Menunjukkan shalat yang boleh
diqashar
· Mengemukakan
syarat shalat qashar
·
Mendemonstrasikan tata cara shalat
qashar
·
Menjelaskan pengertian shalat jama’ qashar.
·
Menjelaskan shalat yang boleh dijama’ qashar
·
Mengemukakan syarat shalat jama
qashar
·
Mendemonstrasikan cara shalat jama
qashar
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
Performan
|
4 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
Lembar observasi
Lembar penilaian
LKS
Kartu masalah
|
6.2
Mempraktekkan shalat
jama’, qashar dan jama’ qashar
|
shalat jama’, qashar dan
jama’ qashar
|
·
Memperagakan cara shalat jama’
dan qashar berdasarkan undian secara berkelompok
|
Siswa dapat :
·
Mempraktekkan shalat
jama’, qashar dan jama’ qashar
|
Tes tulis
Penugasan
Performan
Tes unjuk kerja
|
|
|
6.3 Menjelaskan ketentuan shalat dalam keadaan darurat ketika sedang
sakit dan di kendaraan
|
Shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit
dan di kendaraan
|
·
Diskusi kelompok berdasarkan materi yang di baca
·
Membaca dan memahami materi shalat sunnah dengan benar
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat dalam keadaan darurat dan dalilnya.
·
Mengemukakan tata cara shalat dalam keadaan sakit
·
Membedakan cara shalat dalam keadaan sakit dengan duduk, berbaring miring
dan terlentang
·
Menjelaskan tata cara shalat dalam kendaraan
|
Tugas Individu
Ulangan harian
Tes unjuk kerja
|
|
|
6.4 Mempraktekkan shalat dalam keadaan darurat
ketika sedang sakit dan di kendaraan
|
shalat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di
kendaraan
|
·
Memperagakan shalat dalam keadaan
darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
|
Siswa dapat :
·
Mendemonstrasikan cara shalat
dalam keadaan sakit dan dalam kendaraan.
·
Mempraktekkan shalat dalam keadaan darurat ketika
sedang sakit dan di kendaraan
|
|
|
|
Standar Kompetensi :
7. Melaksanakan
tatacara shalat sunnah muakkad dan ghoiru muakkad
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
7.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunah muakkad
|
·
Tatacara shalat sunnah muakkad
·
sebutkan shalat sunnah muakkad
|
·
Membaca dan memahami materi shalat sunnah dengan benar
·
Mencari dalil yang berhubungan dengan shlat sunnah
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat sunnah rawatib
·
Menunjukkan dalil tentang shalat
sunnah rawatib
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
Lembar penilaian
LKS
Kartu soal
|
7.2 Menjelaskan macam-macam shalat sunah muakkad
|
macam-macam shalat sunah
muakkad
|
·
Mencermati macam-macam shalat sunnah
muakkad lalu melakukan pengklasifikasian dari segi jumlah dan waktu
·
Menuliskan keutamaan shalat sunnah rawatib
|
Siswa dapat :
·
Megidentifikasi macam -macam shalat sunnah rawatib
· Menjelaskan
bilangan shalat rawatib
· Membandingkan
shalat sunnah rawatib yang muakkad dan
ghoiru muakkad
·
Menyimpulkan keutamaan shalat sunnah rawatib
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
Lembar penilaian
LKS
Kartu soal
|
7.3 Mempraktekkan shalat sunah muakkad
|
shalat sunah muakkad
|
·
Memperagakan shalat sunnah rawatib
melalui pemodelan
|
Siswa dapat :
· Mendemostrasikan
cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru muakkad
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
Lembar penilaian
LKS
Kartu soal
|
7.4 Menjelas-kan ketentuan shalat sunah ghoiru
muakkad
|
sebutkan shalat sunnah malam, idain, dhuha
|
·
Memperagakan shalat sunnah rawatib
melalui pemodelan
·
Diskusi kelompok berdasarkan materi yang di baca
|
Siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian shalat sunnah ghoiru muakkad
·
Mengidentifikasi macam macam
shalat sunnah ghoiru muakkad
·
Mendemostrasikan cara shalat sunnah rawatib yang muakkad dan ghoiru
muakkad
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
2 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
Lembar penilaian
LKS
Kartu soal
|
7.5 Menjelaskan macam-macam shalat sunnah
ghairu muakkad
|
sebutkan macam-macam salat sunnah ghairu
muakkad
|
·
Mencermati macam-macam macam shalat sunnah
ghairu muakkad lalu melakukan pengklasifikasian dari segi jumlah dan
waktu
·
Menuliskan keutamaan macam shalat sunnah ghairu
muakkad
·
sebutkan macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
|
Siswa dapat :
·
Mengidentifikasi macam-macam shalat sunnah
ghairu muakkad
·
Menunjukkan waktu pelaksanaan macam-macam
shalat sunnah ghairu muakkad
·
Menghafallkan do’a macam-macam shalat sunnah
ghairu muakkad
·
Menunjukkan waktu pelaksanaan shalat
macam-macam shalat sunnah ghairu muakkad
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
Lembar penilaian
LKS
Kartu soal
|
7.6 Mempraktikkan salat sunnah ghairu
muakkad
|
Tatacara Mempraktikkan salat sunnah ghairu
muakkad
|
·
Memperagakan salat sunnah ghairu
muakkad
|
Siswa dapat :
·
Mendemonstrasikan salat sunnah ghairu
muakkad
·
Mempraktikkan salat sunnah ghairu
muakkad
|
Tugas Individu
Ulangan harian
Tes unjuk kerja
|
4 x 40 menit
|
Buku paket Fikih kelas VII
Lembar penilaian
LKS
Kartu soal
|
Mengetahui, ………, …………….
Kepala
Madrasah Guru Mata Pelajaran
____________________ ____________________
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar