Selasa, 12 April 2016

MAKALAH faktor yang mempengaruhi belajar


BAB I
PENDAHULUAN
A.          Latar belakang

Melihat dari pendidikan dan peserta didik saat ini, banyak peserta didik yang  melakukan proses belajar di tempat formal hanya mengharapkan sertipikat ataupun ijazah,swdangkan tenaga pengajar hanya datang dan memberi materi, tampa memikirkan apa yang sebenarnya yang di butuhkan seorang peserta didik, itu menjadi salah satu dari paktor paktor yang mempengaruhi hasil belajar mereka.
Melihat dari latar belakang di atas maka, dalam makalah kami ini akan membahas tentang “paktor paktor yang mempengaruhi hasil belajar”.

B.          Rumusan masalah
1.             Apa saja faktor yang mempengaruhi belajar ?
2.             Macam – macam faktor belajar ?














BAB II
PEMBAHASAN

1.             Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.
Yang dicapai siswa dalam proses pembelajaran tidak dapat terlepas dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya.dalam  hal ini ada beberapa  pendapat yang mengemukakan tentang paktor paktor yang mempengaruhi hasil belajar, sebagai mana yang terurai berikut.
Syah (2006: 144) “ mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil siswa terdiri dari dua faktor yaitu faktor yang datangnya dari individu siswa (internal factor), dan faktor yang datang dari luar diri individu siswa (eksternal factor)”. Keduanya dapat dijelaskan sebagai berikut :

a)             Faktor internal anak, dan faktor psikis (jasmani)
Kondisi umum jasmani yang menandai dapat mempengaruhi semangat dan intensitas anak dalm mengikuti pelajaran.
b)             Faktor psikologis (kejiwaan).
Faktor yang termasuk aspek psikologis yang dapat mempengaruhi kualitas perolehan hasil belajar siswa antara lain : intelegensi,sikap.bakat,minat,dan motivasi.
                                                    
2.             Faktor eksternal anak, meliputi:                                                                                                     
a)             Faktor lingkungan social, seperti para guru, sifat para guru, staf adminitrasi dan teman-teman sekelas.
b)             Faktor lingkungan non-sosial, seperti sarana dan prasarana sekolah/belajar, letaknya rumah tempat tinggal keluarga, keadaan cuaca dan waktu belajar yang digunakan anak.
c)             Faktor pendekatan belajar, yaitu cara guru mengajar, maupun metode, model dan media pembelajaran yang digunakan.                                    Faktor lain yang juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa disebut sebagai hambatan/kesulitan belajar akibat kondisi keluarga yang kurang kondusif.
3.             Hambatan-hambatan yang di hadapi siswa.
Terkait dengan hal ini,  ihsan (2005: 19) menyebutkan 7 hambatan-hambatan yang dihadapi siswa akibat kondisi lingkungan keluarga, yaitu:                                                 
a)             Anak kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang orang tua.                           
b)             Figur orang tua yang tidak mampu memberikan keteladanan kepada anak.
c)             Kasih sayang orang tua yang berlebihan sehingga cenderung untuk memanjakan anak.
d)            Sosial ekonomi keluarga yang kurang atau sebaliknya yang tidak bisa menunjang belajar.
e)             Orang tua yang tidak bisa memberikan rasa aman kepada anak, atau tuntutan orang tua yang terlalu tinggi.                                                                                              
f)              Orang tua yang tidak bisa memberikan kepercayaan kepada anak, dan.                           
g)             Orang tua yang tidak bisa membangkitkan inisiatif dan kreativitas kepada anak.

Menurut sudjana (2005 : 39),    yaitu :
a)             Faktor dari dalam diri siswa faktor yang datang dari siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemempuan siswa sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai. Selain kemampuan yang dimiliki siswa, juga ada faktor lain, seperti: motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, faktor fisik dan psikis.
b)             Faktor dari luar atau faktor lingkungan, faktor dari luar yang mempengaruhi hasil belajar adalah kualitas pengajaran. Yang dimaksud dengan kualitas pengajaran adalah tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pengajaran. Sedangkan menurut caroll (dalam sudjana, 2005 : 40) hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lima faktor, yaitu : bakat belajar, waktu yang tersedia untuk belajar, waktu yang diperlukan siswa untuk menjelaskan pelajaran, kualitas pengajaran dan kemampuan individu.
                                                            
4.             Faktor lingkungan  dalam lingkunganlah anak didik hidup dan berinteraksi dalam mata rantai kehidupan yang di sebut ekosistem. Dua lingkungan yang pengaruh cukup signifikan terhadap belajar anak didik di sekolah:  - lingkungan alami pencemaran lingkungan hidup merupakan mala petaka bagi anak didik yang hidup di dalamnya. - lingkungan sosial budaya lingkungan sosial budaya di luar sekolah ternyata sisi kehidupan yang mendatangkan problem sendiri bagi kehidupan anak didik di sekolah. Pembangunan gedung sekolah yang tak jauh dari hiruk pikuk lalu lintas menimbulkan kegaduhan suasana kelas.                    

5.             Faktor instrumental setiap sekolah mempunyai tujuan yang akan dicapai. Tujuan tentu saja pada tingkat kelembagaan,agar dapat mencapai ke arah itu diperlukan seperangkat kelengkapan dalam berbagai bentuk dan jenisnya.

Sarana dan fasilitas yang tersedia harus dimanfaatkan sebaik-baik agar berdaya guna dan berhasil untuk kemajuan belajar anak didik di sekolah:     -kurikulum     -program     -sarana dan fasilitas     -guru     -kondisi psikologis pendidik dan peserta didik.

a)             Kondisi fisikologis (keadaan jasmani) kondisi fisikologis pada umumnya sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar seseorang. Orang yang dalam keadaan segar jasmaninya, akan berlainan belajarnya dari orang yang dalam keadaan kelelahan.
b)             Kondisi psikologis (keadaan mental) semua keadaan dan fungsi psikologis tentu saja mempengaruhi belajar seseorang. Berarti belajar bukanklah berdiri sendiri, terlepas dari faktor lain seperti faktor luar dan faktor dari dalam. Faktor psikologis sdebagai faktor dari dalam tentu saja merupakan hal yang utama dalam menentukan intensitas belajar seorang anak.minat, kecerdasan, bakat, motivasi, dan kemampuan-kemampuan kognitif adalah faktor-faktor psikologis yang utama mempengaruhiproses dan hasil belajar peserta didik.
Minat menurut slameto (1991 : 182)
Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendir dengan suatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut semakin besar minat.
Kecerdasan  raden cahaya prabu (1986) pernah mengatakan dalam mottonya bahwa: didiklah anak sesuai taraf umurnya, pendidikan yang berhasil karena menyelami jiwa anak didiknya”. Yang menarik dari ungkapan ini adalah tentang umur dan menyelami jiwa peserta didik.
Bakat, bakat merupakan faktor yang besar. Pengruhnya terhadap proses dan hasil belajar seseorang. Hampir tidak ada yang membantah, bahwa belajar pada bidang yang sesai dengan bakat memperbesar kemungkinan berhasilnya usaha itu.
Motivasi menurut noehi nasution (1993:8) motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi motivasi untuk belajar adalah kondisisi psikologis yang mendorong seorang untuk belajar.
Penemuan – penemuan penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada umumnya meningkat jika motivasi untuk belajar bertambah.
Kemampuan kognitif dimana orang menyadari bahwa pengetahuannya berasal dari masa lampau atau atau berdasarkan kesempatan yang diperoleh di masa lampau.






BAB III
KESIMPULAN


Setelah membaca materi yang terurai di atas maka dapatlah kita menyipulkan bahwa,
Paktor-paktor yang sangat mempengaruhi hasil belajar maupun yang mempengaruhi proses belajar dari peserta didik adalah :

1.             Paktor internal
2.             External
3.             Keluarga
4.             Lingkungan tempat tinggal

Ke empat paktor di atas sangat mempengaruhi hasil belajar siswa dan proses belajar siswa.












Daftar pustaka

1.             Sumber : -       sudjana, nana. 2005. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: sinar baru algensindo.
2.             source:http://newjoesafirablog.blogspot.com/2012/04/ faktor-yang-mempengaruhi-proses-dan. Html
3.             Source:http://newjoesafirablog.blogspot.com/2012/04/faktor-yang-mempengaruhi-proses-dan.html
4.             Sumber : -       sudjana, nana. 2005. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: sinar baru algensindo
KATA PENGANTAR

 Puji syukur kami panjatkan atas rahmat allah swt  yang telah memberi kesehatan kepada kita semua, solawat salam kita lantunkan kapada sang revolusioner islam  sehingga kita  bisa merasakan dunia  seperti saat ini, kemudian ribuan terimakasih kami ucapkan  kepada rekan rekan semua yang telah mendukung penuh dalam  menyelesaikan tugas dari dosen yang berbentuk makalah ini.
   Penulis menyadari bahwa  penulis masih banyak kekurangan baik dari segi penulisan maupun kata kata , dari itu penulis sangat butuh kritikan dan saran dari pembaca agar  penulis bisa  lebih baik lagi kedepannya.
 di mana ada kesalahan kami mohon maaf, dan kami ucapkan terimakasih.
Wassalam.






                                                                                      

                                                                       Penulis Tgl.................2014

                                 
                                                                                 Khairul akmal
                               

                                 
















DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL......................................................................................I
KATA PENGANTAR………………………………………………………II
DAFTAR ISI………………………………………………………………..III

BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………....1
1.1  LATAR BELAKANG…………………………………………....2
1.2  RUMUSAN MASALAH………………………………………... 2

BAB II PEMBAHASAN…………………………………………..................3
2.1  PAKTOR-PAKTOR YANG MEMPENGARUHI
HASIL BELAJAR SISWA……………………………………… 3
2.2  PAKTOR EKSTERNAL………………………………………… 3
2.3  HAMBATAN-HAMBATAN YANG DI HADAPI SISWA……. 4
2.4  PAKTOR LINGKUNGAN……………………………………… 5
2.5  PAKTOR INSTRUMENTAL…………………………………….5

BAB III KESIMPULAN……………………………………………………...6
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………....7









Tidak ada komentar:

Posting Komentar