BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Melihat
dari pendidikan dan peserta didik saat ini, banyak peserta didik yang melakukan proses belajar di tempat formal
hanya mengharapkan sertipikat ataupun ijazah,swdangkan tenaga pengajar hanya
datang dan memberi materi, tampa memikirkan apa yang sebenarnya yang di
butuhkan seorang peserta didik, itu menjadi salah satu dari paktor paktor yang
mempengaruhi hasil belajar mereka.
Melihat
dari latar belakang di atas maka, dalam makalah kami ini akan membahas tentang
“paktor paktor yang mempengaruhi hasil belajar”.
B.
Rumusan masalah
1.
Apa saja faktor yang mempengaruhi belajar ?
2.
Macam – macam faktor belajar ?
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar.
Yang
dicapai siswa dalam proses pembelajaran tidak dapat terlepas dari faktor-faktor
yang dapat mempengaruhinya.dalam hal ini
ada beberapa pendapat yang mengemukakan
tentang paktor paktor yang mempengaruhi hasil belajar, sebagai mana yang
terurai berikut.
Syah
(2006: 144) “ mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil siswa terdiri
dari dua faktor yaitu faktor yang datangnya dari individu siswa (internal
factor), dan faktor yang datang dari luar diri individu siswa (eksternal
factor)”. Keduanya dapat dijelaskan sebagai berikut :
a)
Faktor internal anak, dan faktor psikis (jasmani)
Kondisi
umum jasmani yang menandai dapat mempengaruhi semangat dan intensitas anak dalm
mengikuti pelajaran.
b)
Faktor psikologis (kejiwaan).
Faktor
yang termasuk aspek psikologis yang dapat mempengaruhi kualitas perolehan hasil
belajar siswa antara lain : intelegensi,sikap.bakat,minat,dan motivasi.
2.
Faktor eksternal anak, meliputi:
a)
Faktor lingkungan social, seperti para guru, sifat
para guru, staf adminitrasi dan teman-teman sekelas.
b)
Faktor lingkungan non-sosial, seperti sarana dan
prasarana sekolah/belajar, letaknya rumah tempat tinggal keluarga, keadaan
cuaca dan waktu belajar yang digunakan anak.
c)
Faktor pendekatan belajar, yaitu cara guru mengajar,
maupun metode, model dan media pembelajaran yang digunakan.
Faktor lain yang juga
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa disebut sebagai hambatan/kesulitan
belajar akibat kondisi keluarga yang kurang kondusif.
3.
Hambatan-hambatan yang di hadapi siswa.
Terkait
dengan hal ini, ihsan (2005: 19)
menyebutkan 7 hambatan-hambatan yang dihadapi siswa akibat kondisi lingkungan
keluarga, yaitu:
a)
Anak kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang
orang tua.
b)
Figur orang tua yang tidak mampu memberikan
keteladanan kepada anak.
c)
Kasih sayang orang tua yang berlebihan sehingga
cenderung untuk memanjakan anak.
d)
Sosial ekonomi keluarga yang kurang atau sebaliknya
yang tidak bisa menunjang belajar.
e)
Orang tua yang tidak bisa memberikan rasa aman kepada
anak, atau tuntutan orang tua yang terlalu tinggi.
f)
Orang tua yang tidak bisa memberikan kepercayaan
kepada anak, dan.
g)
Orang tua yang tidak bisa membangkitkan inisiatif dan
kreativitas kepada anak.
Menurut sudjana (2005 :
39), yaitu :
a)
Faktor dari dalam diri siswa faktor yang datang dari
siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemempuan siswa sangat
berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai. Selain kemampuan yang dimiliki
siswa, juga ada faktor lain, seperti: motivasi belajar, minat dan perhatian,
sikap dan kebiasaan belajar, faktor fisik dan psikis.
b)
Faktor dari luar atau faktor lingkungan, faktor dari
luar yang mempengaruhi hasil belajar adalah kualitas pengajaran. Yang dimaksud
dengan kualitas pengajaran adalah tinggi rendahnya atau efektif tidaknya proses
belajar mengajar dalam mencapai tujuan pengajaran. Sedangkan menurut caroll
(dalam sudjana, 2005 : 40) hasil belajar siswa dipengaruhi oleh lima faktor,
yaitu : bakat belajar, waktu yang tersedia untuk belajar, waktu yang diperlukan
siswa untuk menjelaskan pelajaran, kualitas pengajaran dan kemampuan individu.
4.
Faktor lingkungan
dalam lingkunganlah anak didik hidup dan berinteraksi dalam mata rantai
kehidupan yang di sebut ekosistem. Dua lingkungan yang pengaruh cukup
signifikan terhadap belajar anak didik di sekolah: - lingkungan alami pencemaran lingkungan
hidup merupakan mala petaka bagi anak didik yang hidup di dalamnya. -
lingkungan sosial budaya lingkungan sosial budaya di luar sekolah ternyata sisi
kehidupan yang mendatangkan problem sendiri bagi kehidupan anak didik di
sekolah. Pembangunan gedung sekolah yang tak jauh dari hiruk pikuk lalu lintas
menimbulkan kegaduhan suasana kelas.
5.
Faktor instrumental setiap sekolah mempunyai tujuan
yang akan dicapai. Tujuan tentu saja pada tingkat kelembagaan,agar dapat
mencapai ke arah itu diperlukan seperangkat kelengkapan dalam berbagai bentuk
dan jenisnya.
Sarana
dan fasilitas yang tersedia harus dimanfaatkan sebaik-baik agar berdaya guna
dan berhasil untuk kemajuan belajar anak didik di sekolah:
-kurikulum -program -sarana dan fasilitas
-guru -kondisi psikologis pendidik dan
peserta didik.
a)
Kondisi fisikologis (keadaan jasmani) kondisi
fisikologis pada umumnya sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar
seseorang. Orang yang dalam keadaan segar jasmaninya, akan berlainan belajarnya
dari orang yang dalam keadaan kelelahan.
b)
Kondisi psikologis (keadaan mental) semua keadaan dan
fungsi psikologis tentu saja mempengaruhi belajar seseorang. Berarti belajar
bukanklah berdiri sendiri, terlepas dari faktor lain seperti faktor luar dan
faktor dari dalam. Faktor psikologis sdebagai faktor dari dalam tentu saja
merupakan hal yang utama dalam menentukan intensitas belajar seorang
anak.minat, kecerdasan, bakat, motivasi, dan kemampuan-kemampuan kognitif
adalah faktor-faktor psikologis yang utama mempengaruhiproses dan hasil belajar
peserta didik.
Minat menurut slameto
(1991 : 182)
Minat
adalah suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau
aktivitas, tanpa ada yang menyuruh minat pada dasarnya adalah penerimaan akan
suatu hubungan antara diri sendir dengan suatu di luar diri. Semakin kuat atau
dekat hubungan tersebut semakin besar minat.
Kecerdasan raden cahaya prabu (1986) pernah mengatakan
dalam mottonya bahwa: didiklah anak sesuai taraf umurnya, pendidikan yang
berhasil karena menyelami jiwa anak didiknya”. Yang menarik dari ungkapan ini
adalah tentang umur dan menyelami jiwa peserta didik.
Bakat,
bakat merupakan faktor yang besar. Pengruhnya terhadap proses dan hasil belajar
seseorang. Hampir tidak ada yang membantah, bahwa belajar pada bidang yang
sesai dengan bakat memperbesar kemungkinan berhasilnya usaha itu.
Motivasi
menurut noehi nasution (1993:8) motivasi adalah kondisi psikologis yang
mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Jadi motivasi untuk belajar adalah
kondisisi psikologis yang mendorong seorang untuk belajar.
Penemuan
– penemuan penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada umumnya meningkat
jika motivasi untuk belajar bertambah.
Kemampuan
kognitif dimana orang menyadari bahwa pengetahuannya berasal dari masa lampau
atau atau berdasarkan kesempatan yang diperoleh di masa lampau.
BAB III
KESIMPULAN
Setelah membaca materi yang terurai
di atas maka dapatlah kita menyipulkan bahwa,
Paktor-paktor yang sangat
mempengaruhi hasil belajar maupun yang mempengaruhi proses belajar dari peserta
didik adalah :
1.
Paktor internal
2.
External
3.
Keluarga
4.
Lingkungan tempat tinggal
Ke empat paktor di atas
sangat mempengaruhi hasil belajar siswa dan proses belajar siswa.
Daftar pustaka
1.
Sumber : -
sudjana, nana. 2005. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: sinar baru
algensindo.
2.
source:http://newjoesafirablog.blogspot.com/2012/04/
faktor-yang-mempengaruhi-proses-dan. Html
3.
Source:http://newjoesafirablog.blogspot.com/2012/04/faktor-yang-mempengaruhi-proses-dan.html
4.
Sumber : -
sudjana, nana. 2005. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: sinar baru
algensindo
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan atas rahmat allah
swt yang telah memberi kesehatan kepada
kita semua, solawat salam kita lantunkan kapada sang revolusioner islam sehingga kita
bisa merasakan dunia seperti saat
ini, kemudian ribuan terimakasih kami ucapkan
kepada rekan rekan semua yang telah mendukung penuh dalam menyelesaikan tugas dari dosen yang berbentuk
makalah ini.
Penulis menyadari bahwa penulis masih banyak kekurangan baik dari
segi penulisan maupun kata kata , dari itu penulis sangat butuh kritikan dan
saran dari pembaca agar penulis
bisa lebih baik lagi kedepannya.
di mana ada kesalahan kami mohon maaf, dan
kami ucapkan terimakasih.
Wassalam.
Penulis Tgl.................2014
Khairul akmal
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL......................................................................................I
KATA PENGANTAR………………………………………………………II
DAFTAR ISI………………………………………………………………..III
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………....1
1.1
LATAR BELAKANG…………………………………………....2
1.2
RUMUSAN MASALAH………………………………………... 2
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………..................3
2.1 PAKTOR-PAKTOR
YANG MEMPENGARUHI
HASIL BELAJAR SISWA……………………………………… 3
2.2 PAKTOR
EKSTERNAL………………………………………… 3
2.3 HAMBATAN-HAMBATAN
YANG DI HADAPI SISWA……. 4
2.4 PAKTOR
LINGKUNGAN……………………………………… 5
2.5 PAKTOR
INSTRUMENTAL…………………………………….5
BAB III KESIMPULAN……………………………………………………...6
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………....7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar