Selasa, 05 April 2016

MAKALAH ULUMUL QUR'AN

Ilmu Alqur’an

A.   Ulumul Qur’an
Ulumul qur’an adalah sebuah ilmu yang memiliki banyak objek pembahasan yang berhubungan dengan al-qur’an,mulai dari proses penurunan, urutan penulisan,kodifikasi,cara pembaca,penafsiran,nasikh mansukh,muhkam mutashabih serta pembahasan lainnya.
Ø  Al-Maghraby “ Ilmu As-Sayuti Suatu ilmu yang membahas ke-adaan ke-adaan  Al-Qur’an  dari jurusan Nuzulnya, Sanadnya, adab-adabnya,  Lafad-lafadnya , makna-maknanya yang berpautan dengan laafad dan hukum-hukumnya
Ø  Al-Qur’an adalah Ilmu Yang menjelaskan  keadaan-keadaan Al-Qur’an , baik mengenai penafsiran ayat-ayat, takwil, tafsir, sebab Nuzul, Nasikh wal Mansukh,  persesuain ayat , uslub-uslubnya, qiroatnya,  dan lainnya yang berhubungan dengannya.
B.   Apa relevansi Mempelajari  Ulumul Qur’an saat ini (masa globalisasi)
Ada 3 paradiqma memandang Al-Qur’an
1.      Al-Qur’an sbg Kitab
2.      Al-Qur’an Sbg Buku (book)
3.       Al-Qur’an Sbg Teks-Teks Suci


1.     Al-Qur’an sbg Kitab
Pandangan Al-Qur’an merupakan  Firman Allah, Wahyu Allah, Perkataan Allah, Syari’at Allah, Petunjuk Allah, Titah Allah, sehingga nilainya “Agung/ Muliah” , bernilai suci dan harus di jaga kesuciannya ke-agungannya. 
Paradigma ini di pegangi oleh para ahli tafsir clasik hingga saat ini,  con. Imam Satibi, Qurtuby, Ibnu Kasir dll.
2.     Al-Qur’an Sbg Buku
Pandangan ini brangkat dari sisi ilmu sastra dan bahasa bahwa al-qur’an merupakan pesan Allah (bhs orientalis TUHAN)  yang di tulis dalam bentuk buku, atau tulisan. Esensinya pesan tuhan sudah selesai di wahyukan ketika di tangan manusia maka manusia memiliki otoriterisme memahami pesan-pesan tuhan tsbut. Dan manusia memiliki hak subyektifitas terhadap pesan tuhan.



3.     Al-Qur’an sbg Teks-Teks Suci
Pandangan ini brankat dari kajian Antropologi dan sosiologi,  Al-Qur’an merupakan produk budaya yang di tulis manusia  karena kitab-kitab lainya seperti injil, Tripitaka, Weda, jabur, taurat dan kitab lainnya merupakan prodak manusia. Pandangan ini menyampingkan teori syraiat Ardy dan Samawi.. Yg sbenarnya Al-Qur’an merupakan syari’at Samawi  dan kitab yg di tulis manusia adalah Syari’at Ardi.
Relevansinya ?
v  Mempelajari ilmu-ilmu Alqur’an karena memandang Al-Qur’an sbgai sumber syari’at (Kitab) sehingga validitas dan kesahihan pemahaman dan penafsiran Al-Quran sesuai dengan ilmu pengetahuan Al-Qur’an yang di bangun oleh ulama Terdahulu
v  memberikan tuntunan untuk memposisikan bahwa Al-Qur’an adalah kitab yang di turunkan oleh Allah Kpd Nabi Muhammad

C.   Pembagian ulumul Qur’an
  1. Ilmu Al-Qur’an Diroyah adalah Ilmu Yang mempelajari Al-Quran dari sisi  Teks-Teks Al-Qur’an
  2. Ilmu Riwayah Ilmu yang mempelajari Al-Qur’an dari sisi riwayat Kesahihan Al-Qur’an
ILMU-ILMU AL QUR’AN
1.      ILMU MAWATHIN AN-NUZUL
2.      ILMU QIRO’AT
3.      ILMU TAJWID
4.      ILMU GHARIBIL QUR’AN
5.      ILMU ASBABUN NUZUL
6.      ILMU IROBIL QUR’AN
7.      ILMU WUDJUH DAN NADZHA-IR
8.      ILMU MA’RIFATIH ‘MUHKAM WA MUTASABIH
9.      ILMU NASICH WA MANSUCH
10.  ILMU BADA’I QUR’AN
11.  ILMU IDJAZI QUR’AN
12.  ILMU TANSUBI AJATIL QUR’AN
13.  ILMU AQSAMIL QUR’AN
14.  ILMU AMSALIL QUR’AN
15.  ILMU JIDALIL QUR’AN
16.  ILMU ADABI TILAWATIL QUR’AN


D.   Perubahan dan tawaran kajian ilmu Al-Qur’an saat ini
Ilmu AlQur’an sifatnya klasik adalah ilmu Al-Qur’an yang di rintis oleh para ahli Al-Qur’an pada masa abad ke satu Hijriyah dan produknya berupa seperangkat ilmu-ilmu al-Qur’an, tafsir hingga saat iniStudi Al-Qur’an Kontemporer.
Kajian Al-Qur’an sbg respon wacana baru dengan pendekatan ilmu pengetahuan Sosiologi, Antropologi, Filsafat, Dan lainnya.
1.     Kajian Al-Qur’an Kontemporer
Berangkat dari pemikiran bagaimana merumuskan  sebuah metode tafsir (ilmu Al-Qur’an)  yg di anggab mampu  secara dialetika, reformatif, komunikatif-inklusif, serta mampu menjawab perubahan  dan perkembangan problem kontemporer yang di hadapi manusia. Sisi radikalnya terkadang terjadi Mendekonstruksi dan merekonstruksi yg mengabaikan sisi ilmu dan tafsir Al-Qur’an masa lampau.
Tokoh-tokohnya : Fazhur Rahman, M, Arkoum, Nasr Hamid Abu zayd, Hasan Hanafi,  Muhammad Syahrur,  Farid Esack, Riffat Hasan,  dan lainnya kelompok ini lebih di kenal dengan istilah “kajian Al-Qur’an komtemporer liberal”
Sebenarnya di Indonesia sudah lama kajian Al-Qur’an yang bernuasa kontemporer tetapi lebih bernuasa kepada kajian “Tematik” dimana Al-Qur’an di kaji tdk hanya dari sisi ulumul qur’an tetapi suda merupakan pembahasan tema dan pendekatan kontemporer, tokonya sprti Buya Hamka, Quraisy Shihab,  Hasbi Ash Shiddieqy dll

E.    Pembagian ulumul Qur’an
1.     Ilmu al-qur’an diroyah
Ilmu Al-Qur’an Diroyah adalah Ilmu Yang mempelajari Al-Quran dari sisi  Teks-Teks Al-Qur’an.
2.     Ilmu al-qur’an riwayah
Ilmu Riwayah Ilmu yang mempelajari Al-Qur’an dari sisi riwayat Kesahihan Al-Qur’an.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar