Selasa, 05 April 2016

filsafat Islam di dunia islam timur

KATA PENGANTAR

 Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul ”FILSAPAT ISLAM DI DUNIA ISLAM TIMUR ( AL-KINDI )”. Dalam penyusunannya, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.







Muara  Tebo,27  Maret 2013


Penyusun 


Daftar isi
BAB I PEDAHULUAN
1.     Riwayat hidup al-kindi
2.     Karya-karya al-kindi
BAB II PEMBAHASAN
A.   Defisi filsafat al-kindi
B.   Epistemology
a)     Pengetahuan inderawi
b)    Pengetahuan rasional
c)     Pengetahuan isyaraqi
C.   Metafisika
D.   etika
BAB III PENUTUP
A.   KESIMPULAN





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Riwayat hidup nya
Nama al-kindi adalah nisbat yang akan menjadi cikal bakalnya,yaitu banu kindah. Banu kindah adalah suku banu kindah yang sejak dulu menepati daerah selatan jazirah arab yang di kenal memiliki apresiasi kebudayaan yang cukup tinggi dan banyak di kagumi orang.
Nama lengkap alkindi adalah abu yusuf ya’kup bin ishaq assh-shahbah bin imron bin ismail bin al-Qays .alkindi di lahir kan di kuffah tahun 185 H (801 M ) ayahnya ishaq assabbah,adalah gubenur kuffah pada masa pemerintahan al-mahdi dan harun al-rasyid dari bani abbas.ayah nya meninggal beberapa thun setelah al-kindi lahir.dengan demikian al-kindi di besarkan dengan keadaan yatim.
Al-kindi yang di lahirkan di kuffah pada masanya memperoleh pendidikan di basrah setelah melakukan pelajaran pertama nya di bashrah kemudian di lanjutkan ke bagdat hingga tamat.
Nama al-kindi menanjak setelah hidup di istana pada pemerintahan al-mu’tasyim yang menggantikan al-makmum pada tahun 218 H (833 M ) karna pada waktu itu al-kindi di percaya pada pihak istana menjadi guru pribadi pendidik putranya,yaitu ahmad bin mu’tasyim.pada masa ini lah al-kindi berkesempatan untuk menulis karya-karya nya,setelah pada masa al-makmun menerjemahkan kitab-kitab yunani ke dalam bahasa arab.

B.     Karya-karya al-kindi
Karya ilmiah al-kindi kebanyakan hanya berupa makalah-makalah,tetapi jumlah nya sangat banyak,ibnu nadim dalam kitab nya al-fithris,menyebutkan lebih dari 230 buah,George n,atiyeh menyebutkan judul-judul makalah dan kitab-kitab karangan al-kindi sebanyak 270 buah.dalam bidang filsafat karangan al-kindi pernah di terbitkan oleh prof.abu riddah (1950 )dengan judul risail al-kindi al-falasyifah (makalah-makalh filsafat al-kindi)yang ber isi 29 makalah
Karangan-karangan al-kindi mengenai filsafat menunjukan ketelitian dan kecermatannya dalam memberikan batasan-batasan makna istilah-istilah  yang di gunakan dalam terminology ilmu filsafat.
Dari karangan-karangan nya dapat di ketahui bahwa al-kindi menganut aliran aklektiosisme.dalam metafisika dan kosmopologi ia mengambil pendapat-pendapat plato,dlam bidang etika ia mengambil pendapat-pendapat Socrates dan plato,meskipun demikian kepribadian al-kindi sebagai filosof islam tetap bertahan.
Dengan demikian,bagi al-kindiberfilsafat tidak lah berakibat mengaburkan dang mengorbankan keyakinan agama,seperti yang di tuduhkan oleh orang kepadanya.filsafat sejalan dan dapat mengabdi kepada agama.


















BAB II
PEMBAHASAN

A.   Devisi filsafat al-kindi
Bagi al-kindi bahwa untuk dapat memperoleh pengertian lengkap tentang apa filsafat itu dan memperhatikan semua unsure yang terdapat pada defisi tentang filsafat.defisi-defisi al-kindi adalah sebagai berikut :
a)      FILSAFAT terdiri dari gabungan dua kata,fhilo sahib dan shopiah adalah kebijaksanaan,filsafat adalah cinta kepada kebijaksanaan.
b)      Filsafat adalah budaya-budaya manusia iuntuk meneladani perbuatan-perbuatan tuhan yang dapat di jangkau oleh kemamapuan akal manusia
c)      Filsafat adalah pengetahuan dari segala pengetahuan kebijaksanaan dari segala kebijaksanaan.
d)     Filsafat adalah pengetahuan manusia tentang diri nya
e)      Filsafat adalah pengetahuan tentang segala sesuatu yang abadi dang bersipat menyeluruh ( umum ) baik esensinya maupun kausa-kausannya

B.   Epistemologi
Al-kindi meyebutkan bahwa ada nya 3  macam pengetahuan manusia yaitu :
a)      Pengetahuan inderawi
b)      Penegetahuan yang di peroleh dengan jalan menggunakan akal yang di sebut dengan pengetahuan rasional
c)      Pengetahuan yang di peroleh dari tuhan yang di sebut dengan pengetahuan isyaraqi atau iluminatif
1.      Pengetahuan inderawi
Pengetahuan indrawi yang terjadi langsung ketika orang mengamati terhadap objek-objek material,kemudian dalam proses tampa tegang waktu dan berpindah kepada imajinasidi teruskan ketempat penampungannya yang di sebut hafizhah
2.      Pengetahuan rasional
Pengetahuan yang di peroleh dengan jalan mengunakan akal yang bersifat universal (umum ),tidak parsial dan bersipat immaterial.objek pengetahuan rasional tidak individu tetapi jenius dan spesies,orang yang mengamati manusia menyelidiki hakikatnya hingga sampai pada kesimpulan bahwa manusia adalah mahluk berfikir,telah memiliki pengetahuan rasional serta abstrak universal,mencakup individu semua manusia
3.      Pengetahuan isyaraqi
Yaitu pengethuan yang langsung di peroleh dari pancaran nur illahi.

Al-kindi memberikan penjelasan nya tentang ilmu yang berdasar dari tuhan sebagaimana di cerminkan dalam ayat-ayat al-qur’an sebagai berikut :
Tidak ada manusian dengan filsafat manusia sanggup menerangkan sependek-pendek hurup yang tercantum dalanm ayat-ayat al-qur’an yang di wahyuka kepada rasulNya itu,yang menerangkan bahwa tulang belulang akan hidup setelah membusuk dang hancur,bahwa kekuasaan tuhan menciptakan seperti langit dan bumi,bahwa sesuatu dapat terjadi dari lawannya.kata-kata manusia tidak sanggup melakukannya akal manusia yang  bersifat parsial tidak terbuka dang sampai pada jawaban demikian itu.

C.   Metafisika
Filsafat metafisika al-kindi di tulis dalam beberapa makalahnya,khusus nya dalam dua makalah,yaitu tentang filsafat pertama dan tentang ke-esaan tuha dan ber akhir nya alam.dalam dua makalah ini al-kindi membahas dengan panjang lebar tentang hakikat tuhan dan sifat-sifat tuhan.
Tentang hakikat tuhan al-kindi mengatakan bahwa tuhan adalah wujud yang haq ( sebenarnya ) yang tidak pernah tiada sebelumnya dan tiada selama-lamanya,yang ada sejak awal dan senantiasa ada selam-lamanya,
Tuhan adalah wujud yang sempurna ada tidak pernah di dahului wujud yang lain,dang wujudnya tidak akan pernah bwrahkhir serta tidak pernah ada wujud yang lain melainkan dengan pelantaranya.
Untuk membuktikan tentang wujud tuhanal-kindi bepijak pada adanya gerak,keanekaan,dan keteraturan alam sebagaimana argumentasi yang sering di kemukakan oleh filosof yunani.
Tentanag sifat-sifat tuhan al-kindi berpendirian seperti golongan mu’tazilah yank menonjolkan ke-esaan sebagai satu-satunya sifat tuhan.

D.   Etika
Al-kindi berpendapat bahwa ke utamaan manusiawi tidak lain adalah budi pengerti yang terpuji.ke utamaan-keutamaan ini di bagi menjadi tiga bagian yaitu : pertama, merupakan asas dalam jiwa,tetapi bukan asas negative,yaitu pengetahuan dan perbuatan(ilmu dan amal ).bagian ini di bagi menjadi tiga pula yaitu :kebijaksanaan,(hikmah) keberanian ( sajjah ) dan kesucian (‘iffah ).
Sungguh banyak sekali kata-kata mutiara al-kindi yang mendorong orang untuk memeperhatikan nasihat-nasihatnya yang bertumpuh pada dua hal,yaitu  qona’ah ( lekas puas ) dalam memperoleh hal-hal yang bersifat material dan tama’ ( loba ) dalam memperoleh hal-hal rasional.kata kata mutiaranya antara lain sebagai berikut :
·         Tentang hawa nafsu dan ikuti lah kehendak mu
·         Kau tidak akan selamat dari hal yang kuat benci hingga kau sanggup menahan diri dari banyak hal yang kau kehendaki dn senangi
·         Menelaah kitab-kitab filsafat merupakan kegemaran jiwa yang berfikir
·         Jika orang merusak anggota badan yang paling muliah adalah otak,darinya timbul rasa inderawi,gerak dan perbuatan mulia.orang-orang yang meminum minuman keras berarti memasukan kerusakan ke dalam otak mereka,jika berturut-turut badan terkena mabuk,otak menjadi sakit,badan menjadi lemah dan jauh dari kemampuan yang dapat menimbulkan inisiatif kegiatan-kegiatan yang kreatif.
BAB III
PENUTUP
1.     Kesimpulan
Al-kindi adalah fgilosof islam yang mula-mula secara sadar berupaya mempertemukan ajaran islam kepada filsafat yunani.sebagai seorang filosof,al-kindi percaya kepada kemampuan akal untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang realitas.tetapi dalam waktu yang sama di akui keterbatasan akal untuk mencapai pengetahuan metafisis.oleh karna nya al-kindi di perlukan adanya nabi yang mengajarkan hal-hal yang di luar dari jangkauan akal manusia yang di peroleh dari wahyu tuhan.
Dengan demikian al-kindi tidak sependapat dengan filosof yunani dalam hal-hal yang di rasakan bertentangan dengan ajaran agama islam yang di yakininya.misalnya mengenai kejadian alam yang berasal dari ciptaan tuhan yang semula tiada,berbeda dengan pendapat aristoteles yang mengatakan bahwa alam tidak di ciptakan dan bersifat abadi,oleh karna al-kindi tidak termasuk filosof yang di kritik al-khozali dalam kitabnya tahafut al-falasifah ( kerancuan para filosof ).
Karangan-karangan al-kindi merupakan makalah-makalah pendek dan di nilai kurang mendalam di bandingkan dengan tulisan-tulisan al-farabi.namun sebagai filosof perintis yang menempuh jalan bukan seperti para penempuh sebelumnya,maka nama al-kindi memperoleh cetak biru dan mendapat tempat mewah di kalangan filosof sezamannya dan sesudahnya.tentu saja ahli-ahli fikir kontemporer yang cinta kebenaran dan kebijaksanaan akan senantiasa merujuk kepadanya.


MAKALAH
FILSAFAT ISLAM
Fisafat islam di dunia islam timur
( al-kindi )








KELOMPOK : 1
·         ZULKARNAIN
·         SOLEHANI
·         M.ROZI
DI SUSUN OLEH :



Ruang : A


Semester Ke-4
Prodi : S.1 Pendidikan Agama Islam
Pembimbing :RIDWAN


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH ( STIT )
KABUPATEN TEBO

TAHUN AKADEMIK 2013 - 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar